Selasa, 08 Januari 2013

Perpustakaan Sekolah

oleh pustakawan jam 09.07

Perkembangan pendidikan dewasa ini tidak hanya pada gedung yang menjulang tinggi atau jumlah siswa dalam suatu sekolah,  tapi jauh lebih penting pada perpustakaan yang menunjang kualitas pendidikan disamping ketersediaan sumber daya manusia sebagai pengajar dengan berbasis kurikulum terupdate yang merupakan factor utama. Menurut Anne Ahira dalam tulisan Pengertian Perpustakaan Sekolah dan Manfaatnya, Perpustakaan sekolah memiliki arti secara umum adalah suatu tempat yang menyediakan koleksi literature yang beguna bagi pendidikan di sekolah. Keberadaannya pun menyatu dengan lingkungan sekolah, serta hanya bisa diakses oleh civitas akademika sekolah yang bersangkutan.  Oleh karena itu perpustakaan merupakan bagian dari kekeyaan sekolah, dengan ditunjang koleksi-koleksi yang memadai serta sarana dan prasarana yang dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai guru kedua setelah guru yang ada di sekolah tersebut.

Sebagai penunjang kegiatan akademik perpustakaan haruslah dikelola dengan baik. Dengan menempatkan sumber daya manusia yang berkualitas dideretan sirkulasi dan pengolahan. Selain itu perlu adanya sarana prasarana yang menunjang dan menarik minat untuk mengunjungi perpustakaan.

Kecangihan teknologi sekarang ini sangatlah berguna bagi perpustakaan, mulai dari proses pengelolaan hingga sirkulasi. Teknologi pun tidak perlu dikawatirkan mahal, karena ada software yang bisa diunduh secara gratis, jika sekolah tidak mampu penyediakan dana banyak untuk penggunaan teknologi di perpustakaan. Atau jika dirasa perlu bisa disediakan dana khusus untuk perkembangan perpustakaan sebagai sarana penunjang proses belajar siswa dengan bantuan dan persetujuan kepala sekolah.

Selain kecangihan teknologi diperlukan juga sumber daya manusia yang berkualitas, yang bisa mengelola perpustakaan dengan baik. Karena pengelolaan perpustakaan tidak bisa dikatakan mudah, ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara detail dan terperinci, satu diantaranya adalah dalam hal pengadaan buku.

 

A.      Manfaat Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sebagai bagian dan kekayaan sekolah diharapkan mampu menunjang dan meningkatkan kualitas pendidikan, baik bagi para siswa ataupun bagi guru dan karyawan. Dengan kelangkapan koleksi pendidikan dan hiburan perpustakaan dirasa mempu menjadi jendela dunia. Berikut beberapa manfaat perpustakaan sekolah :

1.       Merangsang minat membaca bagi anggota sekolah, karena dengan membaca bisa mengetahui berbagai informasi yang mungkin belum diketahui sebelumnya.

2.       Sumber literatur yang paling dekat, koleksi perpustakaan dapat menunjang dalam proses belajar mengajar.

3.       Sebagai pusat informasi, selain koleksi buku perpustakaan tentunya melegkapi dengan media massa seperti surat kabar harian atau majalan bulanan yang menyajikan informasi-informasi terupdate.

4.       Sumber pembelajaran menulis, koleksi perpustakaan dapat dijadikan sebagai sumber referensi ketika ada tugas menulis karya ilmiah.

 

B.      Kondisi Perpustakaan Sekarang

Perpustakaan yang bisa diartikan sebagai jendela dunia justru sering terabaikan. Kondisi perpustakaan sekolah pada umunya belum memadai, dari segi ruangan maupun fasilitasnya. Banyak perpustakaan yang luasnya sama dengan ruang kelas, bahkan tidak memiliki ruang baca yang layak.

Selain itu koleksi perpustakaan banyak yang sudah tidak bisa dimanfaatkan karena buku yang mendominasi adalah buku paket yang dikirimkan dari pemerintah atau Departemen Pendidikan Nasional yang sudah tidak sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

        Selain dari faktor lokasi, petugas perpustakaan biasanya hanya ada satu orang, itu pun belum tentu memiliki latar belakang pendidikan perpustakaan, bisa jadi digabung dengan petugas tata usaha atau justu perpustakaan dijaga oleh seorang guru yang sedang tidak mengajar di kelas sehinga kurang memiliki kepekaan terhadap perkembangan perpustakaan.

        Kurangnya maksimalnya pengelolaan perpustakaan juga terlihat dari koleksi-koleksi yang ada, bisa jadi koleksi buku kurang update karena keterbatasan dana atau tidak tersedianya koleksi yang bisa menarik minat baca untuk anggota sekolah terutama para siswa.

 

C.      Meningkatkan Minat Baca

Membaca bukanlah hal yang sulit, hanya saja tidak terlalu banyak orang gemar membaca. Karena ketika ditanyakan berapa banyak buku yang Anda baca hari ini? Mungkin kita akan kesulitan untuk menjawab. Untuk terbitan Koran dalam seharipun ketika ditanya berapa artikel yang sudah Anda baca? Mungkin juga tidak lebih dari hitungan jari.  Hal ini tidak sejalan dengan perkembangan informasi yang sangat cepat dewasa ini.

Dengan membaca kita bisa mengetahui banyak hal, Berikut beberapa hal yang dapat meningkatkan mintak baca :

1.       Tersedianya perpustakaan yang dikelola dengan baik

Sebuah perpustakaan harus memberikan pelayanan dan manajemen yang baik dalam memberikan kebutuhan referensi siswa di sekolah. Jika perpustakaan adalah sebuah produk maka dia harus menjamin kualitasnya dengan baik dan disukai oleh konsumen dalam hal ini oleh pelajar. Pustakawan juga harus cerdas dalam menganalisa koleksi buku apa yang di inginkan dan disuka oleh pelajar jika perlu dilakukan penelitian atau request.

 

 

2.       Promosi gerakan gemar membaca di lingkungan sekolah

Cara untuk melakukan promosi ini bisa bekerjasama dengan pihak kepala sekolah bersama jajaranya. Akan lebih baik lagi jika Kepala Sekolah, Guru, dan staff sekolah menjadi orang pertama yang mengawali gerakan gemar membaca di sekolahnya. Bisa juga membuat baliho atau spanduk di sekitar sekolah yang berisi seruan rajin membaca misalnya “Kami Ingin Pintar makanya Kami Suka Membaca” , Ingin jadi Juara dan Berprestasi ? Rajinlah Membaca” begitu dan sejenisnya.

Cara lain bisa juga dengan cara kebijakan sekolah yang mewajibkan semua siswa pada seminggu sekali atau dua kali diwajibkan membaca sebuah buku diperpustakaan yang kemudian disuruh merangkum buku yang dipinjam serta menjelaskan apa point penting dari buku yang sudah mereka baca.

3.       Memberikan harian atau penghargaan bagi yang gemar membaca

Setelah poin pertama dan kedua lakukan, langkah selanjutnya berikanlah hadiah untuk mereka yang rajin membaca. Caranya bisa dilakukan dengan kerjasama antara pihak perpustakaan dan kepala sekolah melalui kebijakan. Hadiah tersebut bisa diberikan misalnya untuk siswa paling sering meminjam buku di perpustakaan. Namun perlu dicatat bahwa pemberian hadiah ini juga harus dilihat bukan hanya siswa yang hanya suka meminjam buku perpustakaan saja tapi harus dilihat prestasinya.

Perlu disadari bawa rendahnya minat baca bukan sepenuhnya kesalahan para siswa, bisa juga disebabkan kurang menariknya perpustakaan sehingga siswa enggan untuk berkunjung ke perpustakaan. Sehingga diperlukan kepekaan untuk menghadapi permasalahan ini, dengan menjadikan perpustakaan sebagai sudut yang menarik di suatu sekolah.

 

 

D.      Penerapan Teknologi dan Sumber Daya Manusia

1.       Penerapan Teknologi

Penerapan teknologi pada perpustakaan sangat menunjang optimalisasi perpustakaan, dengan adaya teknologi berbupa computer dan software yang menunjang beberapa kegiatan di perpustakaan dapat dipermudah, semisal membuatan label katalog pada buku, pencarian referensi serta proses sirkulasi.

Dahulu untuk mencari suatu koleksi kita harus mencari katalog buku yang harus dicari manual dalam laci-laki kecil yang sering disebut almari katalog, tapi saat ini tinggal menuliskan judul atau pengarang yang dicari dalam komputer pencarian koleksi dan akan ditemukan kode koleksi serta lokasi koleksi tersebut.

Selain untuk proses pencarian, komputer juga dapat mempermudah sistem sirkulasi, dengan adanya barcode komputer langsung bisa membaca data buku tersebut dan akan mencatat buku tersebut dipinjam atau dikembalikan sehingga koleksi perpustakaan mudah terkontrol, karena data koleksi langsung update pada computer pencarian koleksi.

Penempatan beberapa unit komputer untuk mengkases koleksi e-book (elektronik book) juga diperlukan jika dirasa menunjang kegiata belajar mengajar, karena dewasa ini koleksi perpustakaan tidak terbatas pada koleksi buku atau koleksi tercetak saja, tapi banyak juga koleksi e-book . Atau jika para guru berkenan membuat rangkuman pelajaran bisa juga dijadikan koleksi diperpustakaan yang dapat menarik minat baca siswa. Jika sekolah berlangganan internet, perlu juga disediakan komputer yang dapat mengakses internet. Sehingga para siswa akan dipermudah untuk pencarian informasi-informasi melalui internet.

Keberadaan koleksi digital juga diperlukan untuk melengkapi koleksi perpustakan selama sesuai visi dan misi sekolah serta menunjang kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya koleksi digital diharapkan mampu membawa para siswa melek teknologi dan tidak gagap teknologi.

Teknologi lain yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan perpustakaan adalah TV dan DVD. Dengan tersedianya TV dan DVD bisa digunakan untuk melihat film dokumenter, bisa juga dimanfaatkan ketika pelajaran sedang kosong dengan memutar film-film yang menunjang.

Perpustakaan juga bisa membuat homepage atau situs perpustakaan yang bisa juga digabung dalam homepage sekolah yang merupakan salah satu fasilitas sekolah yang dapat memuat informasi tentang pepustakaan. Situs yang sederhara bisa dikembangkan sendiri atau komersial sebelum sekolah memiliki server sendiri.

 

2.       Sumber Daya Manusia

Petugas perpustakaan juga mengemban tugas suksesnya perpustakaan sebagai sumber informasi sehingga diperlukan sumber daya manusia yang memiliki skill menunjang untuk mengelola perpustakaan, karena mengelola perpustakaan ini tidak bisa dibilang mudah diperlukan kepekaan dalam menghadapi kebutuhan koleksi yang sesuai visi dan misi sekolah. Selain dari mengolah koleksi.

Sebagai penyedia layanan jasa petugas perpustakaan atau seorang pustakawan harus mempu memberikan pelayanan yang terbaik, dari sikap dan tindakan. Dalam menghadapi para pengguna perpustakaan yang memiliki berbagai karakter, pustakawan harus tetap bisa memberikan layanan yang terbaik dengan sikap ramah. Karena sikap pustakawan ini juga berpengaruh pada minat anggota sekolah ke perpustakaan. Selain harus bersikap ramah, pustakawan harus peka terhadap kenyamanan di perpustakaan, harus memperhatikan kenyamanan ruang baca, kerapian koleksi dan kemudahan dalam pencarian koleksi. Jika dirasa perlu pustakawan atas persetujuan kepala sekolah dapat mendesain ruang perputakaan senyaman mungkin untuk dapat menarik minat pengunjung dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung perpustakaan.

Pustakawan harus memiliki pengetahuan mengenai perpustakaan, bisa jadi lulusan dari ilmu perpustakaan yang diperbaharui dengan mengikuti seminar-seminar yang ada sehingga bisa lebih peka terharap perkembangan perpustakaan saat ini.

Untuk satu perpustakaan sekolah dirasa perlu disediakan minimal dua orang pustakawan yang mampu mengelola perpustakaan dengan maksimal. Dengan adanya pustakawan yang berkualiatas diharapan mampu mengelola perpustakaan dengan baik dan dapat melayani kebutuhan para pengguna perpustakaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Perpustakaan SMA Stero Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea